Sabtu, 06 November 2010

Metode, rancangan pembelajaran Quantum Teaching

Pembelajaran Quantum Teaching hampir sama dengan sebuah simfoni, ada banyak unsur yang menjadi faktor pengalaman musik anda, yaiyu berupa pengalaman dan isinya. Dalam menyampaikan pengalaman dan mengaplikasikan isinya, pembelajaran Quantum Teaching mempunyai beberapa metode, teknik, serta rancangan dalam kegiatan pembelajarannya. Metode tersebut dikenal dengan AMBAK, TANDUR, PAKEM. Lebih jelasnya lagi mari kita uraikan metode tersebut.

AMBAK
A : Apa yang dipelajari
Dalam kegiatan pembelajaran, guru menetapkan bahwa anak didiklah yang menentukan tema kegiatannya sesuai dengan minatnya. Sebbagai contoh dalam pelajaran bahasa dengan materi mengarang, guru hanya menentuka pelajaran mengarang dan anak didiknya yang mennentukan temanya sesuai dengan imajinatifnya.
M : Manfaat
Guru memberikan penjelasan manfaat yang diperoleh dari setiap pelajaran dan harus memberi kemampuan memahami situasi yang sebenarnya sehingga siswa bisa lebih tertantang untuk mempelajari semua hal dengan lebih mendalam
BAK : Bagiku
Manfaat apa yang diperoleh dikemudian hari dapat membuahkan hasil dengan mempelajari ilmu pengetahuan.

TANDUR
T : Tumbuhkan, tumbuhkan minat belajar serta manfaatkan kehidupan pelajar.
A : Alami, ciptakan atau datangkan pengalaman umum yang dapat dimengerti semua pelajar.
N : Namai, berikan nama, sediakan kata kunci, konsep, rumus, model, strategi dalam pembelajaran.
D : Demonstrasikan, berikan kesempatan bagi pelajar untuk menunjukkan bahwa mereka tahu dan memahami pelajaran.
U : Ulangi, tunjukkan pelajar cara-cara mengulang materi dan menegaskan, "Aku tahu bahwa aku memang tahu".
R : Rayakan, berikan sebuah apresiasi atau pengakuan untuk penyelesaian dalam pemerolehan ilmu pengetahuan dengan baik.

PAKEM
P : Pembelajaran, proses, cara, kegiatan dalam menyampaikan sesuatu hal yang bermanfaat.
A : Aktif, menekankan siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran.
K : Kreatif, guru harus mempunyai kekreaktifan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran. Sedangkan siswa berkreatif dalam merencanakan atau membuat hasil kegiatannya.
E : Efektif, pembelajaran dapat mencapai tujuannya, siswa dapat mencapai kompetensinya.
M : Menyenangkan, kegiatan pembelajaran dikemas menjadi lebih menyenangkan untuk siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar